Nintendo Tuntut Pembuatan Casing Joy-Con Bertemakan Youtuber “Etika”
Apakah para komunitas gamer Nintendo masih ingat dengan kisah tragis yang dialami oleh sang Youtuber bernama “Etika” ? Bagi kalian yang belum sempat tahu, Youtuber yang memiliki nama asli Daniel Desmond Amofah ini telah lama meninggal dunia akibat bunuh diri pada bulan Juni 2019 kemarin. Sebelum hendak mengakhiri hidupnya, ia sendiri diketahui mengalami depresi dan […]

Apakah para komunitas gamer Nintendo masih ingat dengan kisah tragis yang dialami oleh sang Youtuber bernama “Etika” ? Bagi kalian yang belum sempat tahu, Youtuber yang memiliki nama asli Daniel Desmond Amofah ini telah lama meninggal dunia akibat bunuh diri pada bulan Juni 2019 kemarin. Sebelum hendak mengakhiri hidupnya, ia sendiri diketahui mengalami depresi dan terakhir sempat membicarakan hal tersebut lewat sebuah unggahan video yang tentu saja kini sudah terhapus.

Setahun lebih mengenang Etika, banyak fans pastinya masih tetap begitu hormat dengan sosok beliau. Ia dikenal selalu begitu enerjik dalam mengupas kabar hingga reaksi opininya terhadap game-game Nintendo. Dari sana, salah seorang youtuber Nintendo lain seperti Cptn Alex pun sampai rela melakukan hal yang cukup mulia demi mengapresiasikan figurnya. Yakni dengan merancang sebuah casing joy con shell khusus yang bertemakan seorang Youtuber Etika.

Dengan menampilkan sejumlah tema layout dan logo ikonik dari Etika serta julukannya sebagai “Joycon Boyz”, Cptn Alex sendiri berencana untuk memproduksi sekaligus menjual casing khusus dari Joy Con untuk konsol Nintendo Switch yang diberi nama “Etikons” tersebut. Ia sendiri menyimpan niat atau motivasi yang cukup positif terkait hal ini.

Dimana hasil penjualan yang berhasil didapat rencananya akan Cptn Alex donasikan untuk badan organisasi non-profit JED Foundation yang biasa mengurusi masalah kesehatan mental dan pencegahan aksi bunuh diri. Pada tahun 2019 kemarin, ia sudah sukses mengumpulkan dana sebesar $10.000 untuk disumbangkan ke sana. Namun pada tahun ini, upaya mulia Cptn Alex tersebut rupanya telah tercium oleh pihak Nintendo dan reaksi mereka pun boleh dibilang tidaklah positif.

Di akun Twitternya, Cptn Alex menceritakan bahwa Nintendo datang untuk meminta dirinya menghentikan produksi casing Joy-Con bertemakan Etika yang waktu itu tengah berjalan. Melalui surat peringatan C&D (Cease and Desist) yang dikirim, mereka beralasan bila produksi casing yang dibuat, memuat adanya pelanggaran trademark atau hak cipta tentang penggunaan logo serta frasa “Joycon” yang Alex sematkan.

Sontak, hal ini pun memicu reaksi perhatian dari para gamer-gamer Nintendo. Sebagian dari mereka sangat begitu kecewa dengan sikap Nintendo yang terlalu mempersulit niat mulia dari salah satu para komunitasnya. Sementara sebagian yang lain justru lebih menyarankan agar sebaiknya Cptn Alex mau memodifikasi ulang desain Casing Joy-Con Etika tersebut.

Dari sana, Cptn Alex sendiri menceritakan bahwa pada tahun lalu 500 buah Shell Casing sudah berhasil diproduksi olehnya. Sekitar 300 diantaranya sudah terjual via platform crowdfunding Indiegogo. Sementara 200 sisanya dijual di platform e-commerce seperti Etsy. Cptn Alex pun menegaskan bahwa ia memang berencana untuk merevisi kembali desain casing yang dibuatnya demi mematuhi aturan hak cipta Nintendo

Pada tanggal 9 Desember kemarin, Cptn Alex akhirnya sudah merilis bentuk desain revisi casing shell dari Etikons. Ia pun kembali mengkampanyekan produk ini di Indiegogo dan telah langsung meraih target dana crowdfunding-nya dalam waktu singkat.

Dari sana, semoga saja tidak ada lagi hal yang perlu dipermasalahkan mengenai usaha mulia alex dalam mengenang sosok Etika sekaligus juga dalam memberi peringatan tentang seriusnya isu penyakit mental.




Sumber : Gamebrott

Visit our Partner :

https://ft.uhamka.ac.id

https://uhamka.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *